D Definisi
Algoritma
Algoritma
adalah urutan langkah langkah penyelesaian suatu permasalahan secara sistematis
dan logis.
D Kriteria pemilihan algoritma yang benar
1. Ada
output nya:suatu algoritma haruslah mempunyai output yang merupakan solusi dari
masalah yang diselesaikan.
2. Efektifitas
dan efisiensi :dikatakan efektif jika algoritma tersebut menghasilkan suatu
solusi yang dengan masalah yang diselesaikan.dikatakan efisien jika waktu
proses suatu algoritma relatif lebih singkat & penggunaan memori komputer
lebih sedikit.
3. Jumlah
langkah nya berhingga :maksudnya adalah berisi instruksi yang dibuat harus
dalam suatu urutan tertentu agar masalah yang di hadapi dapat diselsesaikan
dengan tidak memerlukan waktu relatif lama.
4. Berakhir
:proses di dalam mencari pengyelesaian suatu masalah harus berhenti &
berakhir dengan hasil akhir yang marupakan solusinya.
5. Terstuktur
:urutan barisan langkah langkah yang digunakan harus di susun sedemikian rupa
agar proses penyelesaian tidak berbelit bellit sehingga bagian bagian dapat di
bedakan dengan jelas mana input,proses & output nya.
D Konsep dasar algoritma
Ada 3 tahapan dalam pengembangan program
aplikasi komputer untuk penyelesaian permasalahn menggunakan alat bantu
komputer
1. Analisis
masalah: merupakan langkah paling awal untuk mengkonfersi ide ide kemungkinan
solusi terhadap permasalahan.
2. Merancang
algoritma :bertujuan untuk
a. Menentukan
id solusi
b. Menyatakan
algoritma
c. Memfaledasi
algoritma
d. Menganalisis
algoritma
3. Membuatprogram
komputer :langkah ini dimaksudkan untuk mengkonfersi solusi bentuk algoritma menjadi solusi dalam
bentuk
Dalam pembahasannya yang lebih teoritas,kita
mengenal pengertian prosedur,semi algoritma & algoritma.akan tetapi,ke 3
pengertian tersebut dianggap sebagai satu ppengertian yang sama,yaitu
prosedur/algoritma sebuah prosedur di definisikan sebagai himpunan hingga
insruksi yang bersifat diskrit & jelas,serta dapat di jelaskan dan di bauat
sebuah program dalam suatu balhasa yang dikenal oleh komputer semi algoritma
adalah prosedur yang mampu menghasilkan pemecahan/solusi suatu masalah yang
memang ada dan kemudian berhenti.algortma adalah semi algotima yang mampu
mendeteksi tidak ada solusi,bila solusi memang tidak ada & mampu pula
berhenti.jadi singkatnya algoritma merupakan suatu himpunan hingga instuksi
yang secara jelas merinci langka langkah proses pelaksanaan dalam pemecahan
suatu masalahtertentu / suatu kelas tertentu, dengan tuntatan bahwa himpunan
instuksi tersebut dapat dilaksanakan dengan sebuah program.
Dasar turbo pascal for windows
1. Pembuatan
program
Secra umum,tahapan utama pembuatan turbo pscal meliputi kegiatan
berikut:
A. Menullis
program,dapat menulis program /mengubah (edit) yang telah ada
B. Mengkompilasi
program,yaitu menterjemahkan program sumber (source program) yang dibuat
menjadi bahasa mesin (executable macine ) sehingga dapat dijalan kan oleh
komputer.dalam tahap ini, kompilaer turbo pascal /akan membentangkan jika ada
kesalahan sintaks dalam penulisan program.
C. Menguji program,yaitu menguji apakah logika program sudah
benar & menghasilkan output dengan benar untuk seluruh kemungkinan data
yang diinputkan.
D. Menyimpan
program yaitu menyimpanprogram yang sudah benar untuk digunakan
kemudian,/menyimpan untuk dibutuhkan kemudian jika masih terdapat
kesalahan.program yang dittulis dapat disimpan ke dalam media
disk,harddisk/lainnya.
2. Komponen
dasar
Sebelum
menlis program pascal,perlu diketahui komponen dasar turbo
1)
Pascal,yaitu sebagai berikut:
Karakter & simbol,yaitu
karakter & simbol yang dapat digunakan dalam penulisan program
pascal,terdiri atas:
§ Seluruh
huruf :a....z,A....Z
§ Seluruh
angka desimal:0....9 => basis10
§ Seluruh
angka heksa desimal:0....9,A...F.a...f =>basis16
§ Spasi/blank
karakter ASCII=di buat 32A diatas 127
§ Simbol
khusus karakter(un ary)+-*/=<>().,(),.^@
§ Simbol
khusus karakter(binary);ó=:=(**)<>
2) Reserver
word (kata tercandang)yaitukata kata buku yang telah disediakan olah compiler
pacal &dapat dimanfaatkan dalaam penulisan program sesuai kebutuhan,yaitu:
And
|
Else
|
Interface
|
Record
|
While
|
Asm
|
End
|
Label
|
Repeat
|
Wit
|
Array
|
Export
|
Library
|
Set
|
Zor
|
Bagain
|
File
|
Mod
|
Shi
|
|
Case
|
For
|
Nil
|
Shr
|
|
Constructor
|
Function
|
Not
|
String
|
|
Destructor
|
Goto
|
Object
|
To
|
|
Div
|
If
|
Of
|
To
|
|
Do
|
Implementation
|
Or
|
Type
|
|
Downto
|
In
|
Packet
|
Unit
|
|
|
Inline
|
Procedure
|
Until
|
|
|
|
Program
|
Uses
|
|
|
|
|
Var
|
|
3) Pengenal
/identifler,digunakan untuk memberi nama program,unit,procedur,label,fungsi,konstanta
secara variabel.pengenalan pengenal/identifikasi dalam pascal harus mengikuti
aturan aturan sebagai berikut:
F Karakter
pertama harus dimulai dengan huruf
F Tidak
menggunakan spasi/blank
F Tidak
boleh sama dengan reserved word
F Tidak
boleh ada simbol khusus
F Setelah
karakter pertama dapat berupa angka,huruf,atau,garis bawah (=under
scoure/hyper)
4) Konstanta,merupakan
nilai yang tetap,dapat berupa karakter,liberal/keterangan/angka.
5) Ungkapan/ekspresi,umumnya
ungkapan tersusun atas operand & operator.
6) Tipe
data yaituklasifikasi tipe data yang dapat digunakan & diolah oleh compiler pascal
Tabel
3.1 Bilangan Bulat (integer)
TYPE
|
JANGKAUAN NILAI
|
UKURAN MEMORI
(BYTE)
|
Shortint
|
128...127
|
1
|
Integer
|
32768...32757
|
2
|
Bxte
|
0...255
|
1
|
Word
|
0...65535
|
2
|
longint
|
2147483648...2147483648
|
4
|
Tabel
boelan
TYPE
|
NILAI
|
Boelan
|
True,false
|
3. Operator
Operator yang digunakan dalam ungkapan dapat diklasifikasi sebagai
berikut:
1) Aritmatika,terdiri
atas:
Ø Operator
binnary:+- =>prioritas terdiri
:/*DIV MOD
=>,”menengah”
Ø Operator
unnary:+(tanda plus) dan –(tanda minus)
: => prioritas tertinggi
2) Logika/booelan:AND,OR,NOT,XOR
Tabel kebenaran ungkapan yang menggunakan
logika/booelan
3) Relasional
=><>=<=<>
4) Concate/penggabungan
Khusus
untuk tipe data string + berarti
menggabung gabung string contoh :’AG’ + ‘US’ akan menghasilkan string
‘AGUS’
5) Alamat
menggunakan tanda @
6) (+)
logika /boolean
Tabel
kebenaran ungkapan menggunakan operator logika atau boolean.
0 comments:
Post a Comment