BAB
I Pengantar Organisai Komputer
1. Apa yang dimaksud dengan
Komputer ?
komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan
beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi
yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta
menyediakan output dalam bentuk informasi.
2. Komputer memiliki 5 (lima) bagian utama yang mempunyai fungsi
sendiri-sendiri. Sebut dan jelaskan, serta gambarkan susunannya !
a. Motherboard: Motherboard
atau dengan kata lain mainboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki
chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung
akses masing-masing perangkat.
b. Processor: Sering disebut
sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya.
Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem
komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi
untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada
socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan
processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard.
Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung
dari jenis dan kapasitas processor.
c. Power Supply: sebuah
perangkat yang memasok listrik energi untuk satu atau lebih beban listrik .
Istilah ini paling sering diterapkan ke perangkat yang mengkonversi salah satu
bentuk energi listrik yang lain, meskipun mungkin juga merujuk ke perangkat
yang mengkonversi energi bentuk lain (misalnya, mekanis, kimia, surya) menjadi
energi listrik. Sebuah power supply yang diatur adalah salah satu yang
mengontrol tegangan output atau saat ini untuk nilai tertentu, nilai
dikendalikan mengadakan hampir konstan, meskipun variasi baik dalam arus beban
atau tegangan yang diberikan oleh sumber energi catu daya.
d. Memory: merupakan istilah
generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada komputer.
Setiap program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam
memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik bersifat sementara, karena
data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih
dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup). Ketika komputer itu
direset atau dimatikan, data yang disimpan dalam memori fisik akan hilang. Oleh
karena itulah, sebelum mematikan komputer, semua data yang belum disimpan ke
dalam media penyimpanan permanen (umumnya berbasis disk, semacam hard disk atau
floppy disk), sehingga data tersebut dapat dibuka kembali di lain kesempatan.
Memori fisik umumnya diimplementasikan dalam bentuk Random Access Memory (RAM),
yang bersifat dinamis (DRAM). Mengapa disebut Random Access, adalah karena
akses terhadap lokasi-lokasi di dalamnya dapat dilakukan secara acak (random),
bukan secara berurutan (sekuensial). Meskipun demikian, kata random access
dalam RAM ini sering menjadi salah kaprah. Sebagai contoh, memori yang hanya
dapat dibaca (ROM), juga dapat diakses secara random, tetapi ia dibedakan
dengan RAM karena ROM dapat menyimpan data tanpa kebutuhan daya dan tidak dapat
ditulisi sewaktu-waktu. Selain itu, hard disk yang juga merupakan salah satu
media penyimpanan juga dapat diakses secara acak, tapi ia tidak digolongkan ke
dalam Random Access Memory.
e. VGA: Sebuah antarmuka
analog pada kartu grafis yang umumnya digunakan untuk menghubungkan antara
komputer dengan monitor yang menggunakan plug 15-pin dan soket. Standar VGA
awalnya dikembangkan oleh IBM pada tahun 1987 dan memungkinkan untuk resolusi
layar 640×480 piksel. Sejak itu, banyak revisi dari standar telah
diperkenalkan. Yang paling umum adalah Super VGA (SVGA), yang memungkinkan
untuk resolusi yang lebih besar dari 640×480, 800×600 atau seperti 1024×768.
Sebuah koneksi VGA standar memiliki 15 pin dan berbentuk seperti sebuah
trapesium.
3. Ada definisi dari
organisasi computer dan arsitektur computer ? Sebutkan perbedaan utamanya !
a. Organisasi Komputer adalah
bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar
komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturnya.
b. Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur
pengoperasian dasar dari suatu sistemkomputer.
c. Perbedaan utama Organisasi
dengan Arsitektur Komputer adalah, organisasi komputer merupakan sekumpulan unit unit operasional pada komputer yang
bekerja bersama-sama demi satu tujuan, sedangkan arsitektur komputer merupakan
teknik yang digunakan dalam perancangan suatu organisasi komputer agar dapat
berjalan sebagai mana mestinya.
Contoh, misalkan ada pernyataan
“Apakah kompatibel dengan system 64Bit ?” (Arsitektur Komputer)
dan “Apakah akan menggunakan intel x86 atau x64 ?”
(Organisasi Komputer).
4. Gambar dan jelaskan
masing-masing struktur internal computer !
5. Sebut dan jelaskan fungsi
computer, kemudian gambarkan struktur aliran datanya !
a. Komputer pada bidang
keamanan
Pada bidang
keamanan dan pertahanan, komputer merupakan suatu bagian yang sangat penting,
karena lewat komputer suatu negara dapat memperkuat pertahanannya dari serangan
luar, dengan peralatan-peralatan yang canggih suatu negara cukup menyerang dan
bertahan dengan mengendalikan computer
b. Komputer untuk bidang
kesehatan
Pada jaman
yang canggih seperti sekarang ini, pada bidang kesehatan pun telah mulai
memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi,
diantaranya adalah penggunaan alat kedokteran yang menggunakan aplikasi komputer
yaitu Ultra Sonografi (USG).
c. Komputer sebagai sarana
pengontrolan
Komputer
sebagai alat control bagi pemantauan CCTV, tata lampu traffic light, maupun
escalator. Dalam hal ini komputer sebagai alat control jarak dekat maupun jarak
jauh.
d. Komputer sebagai sarana
usaha
Dengan adanya
komputer, kita dapat membuka usaha misalnya usaha percetakan atau sablon, usaha
video editing, usaha desain arsitektur, dan warnet.
e. Komputer sebagai sarana
informasi
Komputer yang
terhubung ke internet akan membuat kita akan lebih mudah mencari informasi,
mulai dari berita politik, perdagangan, travel, referensi bagi pelajar, dan
lain sebagainya.
BAB
II Evolusi dan Kinerja Komputer
1. Komputer memiliki
perkembangan dalam pembuatan serta teknologinya, jelaskan secara singkat
sejarah computer beserta ciri-cirinya !
2. Peningkatan kinerja
mikroprosesor terus berlanjut, ada beberapa teknik yang telah dikembangkan di
antaranya adalah:
a. Branch Prediction
b. Data Flow Analysis
c. Speculative Execution
3. Terdapat beberapa metode
untuk mengatasi masalah perbedaan kecepatan operasi mikroprosesor dengan
komponen lainnya, yaitu
4. Jelaskan perkembangan dari
Pentium !
1. Gambar dan jelaskan struktur detail internal CPU !
2. Sebutkan fungsi CPU !
Melakukan berbagai operasi, termasuk operasi aritmatika dan
logika terhadap data yang datang dari memori atau informasi yang dimasukkan
melalui perangkat keras, seperti papan ketik (Keyboard), pemindai, tuas
kontrol, maupun tetikus.Menjalankan program – program yang disimpan dalam
memori utama dengan cara mengambil instruksi
– instruksi, menguji
instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur
perintah
3. Jelaskan siklus
Fetch-Eksekusi !
a. di awal setiap siklus, CPU
akan membaca dari memori utama
b. sebuah register, yang
disebut Program Counter (PC), akan mengawasi dan menghitung instruksi
selanjutnya
c. ketika CPU membaca sebuah
instruksi, Program Counter akan menambah satu hitungannya
d. lalu instruksi-instruksi
yang dibaca tersebut akan dimuat dalam suatu register yang disebut register
instruksi (IR), dan akhirnya
e. CPU akan melakukan
interpretasi terhadap instruksi yang disimpan dalam bentuk kode binari, dan
melakukan aksi yang sesuai dengan instruksi tersebut.
f.
Sebutkan fungsi interrupt !
4. Sebutkan fungsi interrupt
!
Fungsi interupsi adalah mekanisme penghentian atau pengalihan
pengolahan instruksi dalam CPU kepada routine interupsi. Hampir semua modul
(memori dan I/0) memiliki mekanisme yang dapat menginterupsi kerja CPU
5. Apabila interupsi
ditangguhkan, prosesor akan melakukan apa ?
a. Prosesor menangguhkan
eksekusi program yang dijalankan dan menyimpan konteksnya. Tindakan ini adalah
menyimpan alamat instruksi berikutnya yang akan dieksekusi dan data lain yang
relevan.
b. Prosesor menyetel program
counter (PC) ke alamat awal routine interrupt
BAB 4
1. Sebutkan sifat-sifat sel
memori, beserta fungsinya !
a. Sel memory memiliki dua keadaan
stabil atau tidak stabil yang dapat digunakan untuk merepresentasikan bilangan
biner 0 dan 1.
b. Sel memory mempunyai kemampuan untuk ditulisi
→ untuk menyetel keadaan
c. Sel memory mempunyai
kemampuan untuk dibaca → untuk merasakan keadaan
2. Sebutkan karakteristik
memori computer dan berikan penjelasan !
a. Lokasi memori berada pada
3 lokasi, yaitu:
Memori Local
atau sering disebut dengan register. Built-in berada dalam CPU, diperlukan
untuk semua kegitan CPU.
Memori
Internal atau sering disebut dengan memory primer atau memory utama. Berada
diluar CPU bersifat internal pada system computer, diperlukan oleh CPU dalam
proses eksekusi (operasi) program sehingga dapat diakses secara langsung oleh
CPU tanpa melalui perantara.
Memori
Eksternal atau sering disebut dengan memori sekunder. Bersifat eksternal dan
berada di luar CPU, diperlukan dlam menyimpan data atau instruksi secara
permanen, terdiri atas perangkat storage seperti: disk, pita magnetik, dll
b. Kapasitas Memory
Kapasitas
register dinyatakan dalam bit.
Kapasitas
memory internal dinyatakan dalam bentuk byte (1 byte = 8 bit) atau word.
Kapasitas
memori eksternal dinyatakan dalam byte.
c. Satuan Transfer
Memory
Internal. Satuan transfer merupakan jumlah bit yang dibaca atau ditulis ke
dalam memori pada suatu saat.
Memory
Eksternal. Data ditransfer dalam jumlah yang jauh lebih besar dari word, yang
dikenal dengan block.
d. Metode Akses Memory
Ada 4 jenis
pengaksesan data satuan, yaitu:
·
Sequentaial Access. Diorganisasikan menjadi unit-unit data
yang disebut record, dibuat dalam bentuk urutan linier yang spesifik. Contoh
sequential access adalah akses pada pita magnetic.
·
Direct Access. Menggunakan shared read/write mechanism tetapi
setiap blok dan record memliki alamat yang unik berdasarkan lokasi fisik.
Contoh direct access adalah akses pada disk.
·
Random Access. Dapat dipilih secara random, waktu mengakses
lokasi tidak tergantung pada urutan akses sebelumnya dan bersifat konstan.
Contoh random access adalah system memori utama.
·
Associative Access. Setiap word dapat dicari berdasarkan pada
isinya dan bukan berdasarkan alamatnya, waktu pencariannya tidak bergantung
secara konstan terhadap lokasi atau pola access sebelumnya. Contoh associative
access adalah memory cache.
e. Kinerja memory
3 buah
parameter untuk kinerja system memory, yaitu:
Access Time.
Bagi RAM waktu akses adalah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan operasi baca
atau tulis. Bagi non RAM waktu akses adalah waktu yang dibutuhkan untuk
melakukan mekanisme baca tulis pada lokasi tertentu.
Cycle Time.
Waktu akses ditambah dengan waktu transien hingga sinyal hilang dari saluran
sinyal untuk menghasilkan kembali data bila data ini dibaca secara destruktif.
Transfer Rate.
Merupakan kecepatan pemindahan data ke unit memori atau ditransfer dari unit
memory. Bagi RAM, transfer rate sama dengan
. Bagi non-RAM, transfer rate sama dengan , dimana Waktu rata-rata untuk membaca atau menulis
sejumlah N bit, waktu akses
rata-rata, Jumlah bit, kecepatan transfer dalam bit per detik.
f.
Tipe Fisik Memory
Ada dua tipe
fisk memory, yaitu:
Memory
Semikonduktor. Memory ini memakai teknologi LSI atau VLI, memory ini banyak
digunakan untuk memory internal misalnya RAM. Memory Permukaan Magnetik. Banyak
digunaakan untuk memory eksternal yaitu untuk disk atau pita magnetic.
g. Karakteristik Fisik
Volatile dan
Non-volatile. Pada memory volatile informasi akan hilang bila listrik dimatika.
Pada memory Non-volatile informasi akan tetap berada tanpa mengalami kerusakan
sebelum dilakukan perubahan, memory ini daya listrik tidak diperlukan untuk
mempertahankan informasi tersebut. Erasable dan Non Erasable. Erasable artiny
isi memory dapat dihapus dan diganti dengan informasi lain.
h. Organisasi
Organisasi
dalah pengaturan bit dalam menyusun word secara fisik. Hirarki Memory : Semakin
kecil waktu access, semakin besar harga per bit. Semakin besar kapasitas,
semakin keci harga per bit. Semakin besar kapasitas, semakin besar waktu access
untuk kinerja yang optimal, diperlukan kombinasi teknologi komponen memori.
3. Tiga konsep yang
berhubungan dengan satuan transfer adalah
• Word. Ukuran word
biasanya sama dengan jumlah bit yang digunakan untuk representasi bilangan dan
panjang instruksi.
• Addressable units, pada sejumlah sistem, adressable units
adalah word. Hubungan antara panjang A suatu alamat dan jumlah N adressable
unit adalah 2A =N.
• Unit of tranfer, adalah jumlah bit yang dibaca atau
dituliskan ke dalam memori pada suatu saat. Pada memori eksternal, tranfer data
biasanya lebih besar dari suatu word, yang disebut dengan block.
4. Empat macam metode access
memori adalah
a. Sequential Access
merupakan
metode yang paling sederhana. Informasi yang disimpan dalam berkas diproses
berdasarkan urutan.
b. Direct Access
merupakan
metode yang membiarkan program membaca dan menulis dengan cepat pada berkas
yang dibuat dengan fixed-length logical order tanpa adanya urutan.
c. Random Access
Setiap lokasi
dapat dipilih secara random dan diakses serta dialamati secara langsung.
d. Associative Access
Setiap word
dapat dicari berdasarkan pada isinya dan bukan berdasarkan alamatnya.
5. Berdasarkan karakteristik
untuk kerja, memori memiliki 3 parameter yaitu
a. Access Time.(Bagi RAM)
Access time
merupakan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan operasi baca atau tulis. Bagi
non RAM, access time adalah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan mekanisme
baca tulis pada lokasi tertentu.
b. Memory Cycle Time.
Terdiri dari
access time ditambah dengan waktu tambahan yang diperlukan transient agar
hilang pada saluran signal atau untuk menghasilkan kembali data bila data ini
dibaca secara destruktif.
c. Transfer Rate. Transfer
rate adalah kecepatan data agar dapat ditransfer ke unit memori atau ditransfer
dari unit memori
6. Tuliskan rumus dari random
access memory beserta keterangan, berikan contohnya !
a. Transfer rate(Bandwidth)
Bandwidth(MB/s) = FSB (MHz) X Lebar data (Byte)
Contoh sebuah
DDR2 PC800, berarti memiliki bus sebesar 800 MHz.
Lebar data
(width) sebuah RAM adalah 64-bit, atau dikonversikan kedalam satuan byte sama
dengan 8 byte. [1 byte = 8 bit]
Transfer Rate
= Bus (MHz) x Lebar Data (Byte)
Transfer Rate
= 800 MHz x 8 Byte = 6.400 MB/s. Itu artinya transfer rate RAM DDR2 PC800
adalah sebesar 6.400 MB/s.
b. Bus Speed
Bus Speed(MB/s) = Clock speed(Mhz) x 2 Cycle per clock
contoh
menghitung bus speed dari "Dual Channel DDR" perhitungan dasar untuk
dual channel adalah bila 1 keping memory memiliki lebar data 64 bits, maka
untuk dua keping yg "identik" akan menghasilkan 2 x 64 bits = 128
bits bandwidth. Maka dari 128 bits itu sama dengan 16 bytes. Kita ambil contoh
untuk yg memory clocknya 100 MHz maka perhitungannya menjadi:
200 MHz x 16
bytes (128 bits) = 3.200 MBps.
7. Sebutkan keandalan memori
!
a. Berapa Banyak ?
Sesuatu Yang
Sulit Dijawab Karena Berapapun Kapasitas Memory Tentu Aplikasi Akan Menggunakan
- Nya
b. Berapa Cepat ?
Memory Harus
Mampu Mengikuti Kecepatan CPU Agar Terjadi Sinkonisasi Kerja Agar Tidak Ada
Waktu Tunggu Karena Komponen Lain Belum Selesai Proses - Nya
c. Berapa Mahal ?
Kalau Masalah
Harga Tergantung Produsen ( Relatif ) Yang Mencari Harga Murah Tanpa
Mengorbankan Kualitas – Nya
8. Jelaskan hubungan harga,
kapasitas dan waktu akses memori !
Semakin Kecil Waktu Akses, Maka Semakin Kecil Harga Per - Bit
- Nya
Semakin Besar Kapasitas, Maka Semakin Kecil Harga Per - Bit -
Nya
Semakin Besar Kapasitas, Maka Semakin Besar Waktu Akses – Nya
9. Lengkapilah spesifikasi
table memori berikut ini :
Tipe Memori
|
Teknologi
|
Ukuran
|
Waktu Akses
|
Chache Memory
|
|
|
|
Memori Utama
|
|
|
|
Disk Magnetik
|
|
|
|
Disk Optik
|
|
|
|
Pita Magnetik
|
|
|
|
10. Sebutkan jenis memori
random akses !
a. SDRAM = Synchronous
Dynamic Random-Access Memory
b. DDR SDRAM = Double Data
Rate Synchronous Dynamic Random-Access-Memory
c. DDR2 SDRAM = Double Data
Rate Type Two Synchronous Dynamic Random-Access Memory
d. SDRAM = Double Data Rate
Type Three Synchronous Dynamic Random-Access Memory
e. DDR4 SDRAM = Double Data
Rate Type Four Synchronous Dynamic Random-Access Memory
f.
DRDRAM = Direct Rambus Dynamic Random-Access Memory
g. PSRAM = Pseudostatic
Random-Access Memory
h. RLDRAM = Reduced-Latency
Dynamic Random-Access Memory
i.
EDO DRAM = Extended Data Out Dynamic Random-Access Memory
j.
SGRAM = Synchronous Graphics Random-Access Memory
k. FPM DRAM = Fast Page Mode
Dynamic Random-Access Memory
11. Fungsi dari cache memori
adalah
a. Mempercepat Akses data
pada komputer
b. Meringankan kerja
prosessor
c. Menjembatani perbedaan
kecepatan antara cpu dan memory utama.
d. Mempercepat kinerja
memory.
e. Mengontrol data yang masuk
dari masing-masing inti prosesor.
12. Kapasitas dari cache
memori adalah
Level 1 : 8Kb, 64Kb dan 128Kb.
Level 2 : 256Kb sampai dengan 2Mb.
13. Apabila blok berukuran
besar ditransfer ke dalam cache, maka akan terjadi penurunan hit ratio karena
banyaknya data yang dikirim di sekitar referensi.Blok-blok yang berukuran lebih
besar mengurangi jumlah blok yang menempati cache. Karena setiap pengambilan
blok menindih isi cache yang lama, maka sejumlah kecil blok akan menyebabkan
data menjadi tertindih setelah blok itu diambil.
14. Fungsi pemetaan
diimplementasikan dengan menggunakan alamat, yang terdiri dari 3 field(tag,
line, world). Jelaskan yang dimaksud dengan tag, line, dan word !
a. Tag =
15. Jelaskan yang dimaksud
assosiatif set dan hubungan yang terjadi di dalamnya !
Pemetaan asosiatif set menggabungkan kelebihan yang ada pada
pemetaan langsung danpemetaan asosiatif. Memori cache dibagi dalam bentuk set –
set.Pemetaan asosiatif set prinsipnya adalah penggabungan kedua pemetaan
sebelumnya.Alamat memori utama diinterpretasikan dalam tiga field, yaitu: field
tag, field set, dan field word.Hal ini mirip dalam pemetaan langsung. Setiap
blok memori utama dapat imuat dalamsembarang saluran cache. Dalam pemetaan asosiatif set, cache dibagi
dalam v buah set, yang masing –masingterdiri dari k saluran. Hubungan yang
terjadi adalah :
m = v x k
i = j modulus v dan v = 2d dimana :
i = nomer set cache
j = nomer blok memori utama
m = jumlah saluran pada cache 46
16. Definisi dari algoritma
penggantian adalah mekanisme pergantian blok-blok dalam memori cache yang lama
dengan data baru. Algoritma penggantian digunakan untuk menentukan blok mana
yang harus dikeluarkan dari cache untuk menyiapkan tempat bagi blok baru. Ada 2
metode algoritma penggantian yaitu Write-through dan Write-back.Write-through
adalah Cache dan memori utama diupdate secara bersamaan waktunya. Sedangkan
Write-back melakukan update data di memori utama hanya pada saat word memori
telah dimodifikasi dari cache.
17. Jelaskan yang dimaksud
dengan algoritma First in First Out (FIFO) dan Least Frequently Used(LFU),
berikan contohnya !
a. Firs in First Out (FIFO)
Algoritma ini
adalah algoritma yang paling sederhana. Prinsip dari algoritma ini adalah
seperti prinsip antrian (antrian tak berprioritas), halaman yang masuk lebih
dulu maka akan keluar lebih dulu juga. Algoritma ini menggunakan struktur data
stack. Apabila tidak ada frame kosong saat terjadi page fault, maka korban yang
dipilih adalah frame yang berada di stack paling bawah, yaitu halaman yang
berada paling lama berada di memori. Dengan hanya informasi mengenai lama
berada di memori, maka algoritma ini dapat memindahkan page yang sering
digunakan. Boleh jadi page itu berada terus di memori karena selalu digunakan.
Page itu karena mengikuti pola antrian berdasar lamanya berada di memori
menjadi elemen terdepan, diganti, dan segera harus masuk kembali ke memori
sehingga terjadi page fault kembali
b. Least Frequently Used(LFU)
Algoritma ini
mengasumsikan kelas-kelas bernomor lebih rendah akan baru akan digunakan
kembali dalam waktu relatif lama.Algoritma ini mudah dipahami dan
diimplementasikan. Implementasi algoritma ini sangat efisien karena tak banyak
langkah dalam pemilihan page. Algoritma ini memang tidak optimal, tapi dalam
kondisi-kondisi normal telah memadai.
Mekanisme
algoritmanya
18. Sebutkan keuntungan
unified cache !
a. Memiliki hit rate yang
tinggi karena telah dibedakan antara informasi data dan informasi instruksi.
b. Selain itu hanya sebuah
cache saja yang perlu dirancang dan diimplementasikan.
0 comments:
Post a Comment